Rabu, 26 Mei 2010

Blow Out Preventer (BOP)


Blow out preventer (BOP) adalah sebuah alat yang besar yang terdiri dari beberapa unit katup-katup(sering disebut juga sebagai “rams”), BOP ditempatkan diatas sumur (wellhead), dimana BOP ini bisa ditutup untuk alasan keselamatan pada saat pekerjaan pengeboran dilakukan. Rams atau BOP ini dirancang untuk menutup jika tekanan dari dalam tanah menyebabkan fluida (miyak atau gas alam) masuk ke dalam lubang pengeboran dan mengancam keselamatan rig.

Dengan menutup BOP tersebut, maka aliran dari fluida yang tidak diinginkan tersebut dapat dicegah, sehingga lubang sumur (wellbore) memungkinkan untuk dapat dikontrol kembali. Sekali sumur telah ditutup, selanjutnya situasi dapat dievaluasi untuk menentukan prosedur yang dipersyaratkan dalam rangka melanjutkan operasi dalam keadaan aman.

BOP ini dapat dipasang baik diatas tanah maupun didalam air. BOP untuk sumur-sumur diperairan yang dalam, digerakkan dan dikontrol dari jarak jauh oleh actuator hidrolis. Pada saat ini, rata-rata BOP untuk laut dalam dapat mengontrol 15.000 psi untuk kedalaman air sampai dengan 10.000 feet (sekitar 3000 meter).
Ada tiga tipe katup (valve) yang biasa dipakai untuk BOP di air dalam: Satu katup adalah “ram” yang berfungsi sebagai penutup/segel (seal) pada pipa dengan diameter yang spesifik dengan membentuk sebuah gerakan horizontal yang tajam. Tipe yang lain dengan berfungsi sebagai penutup/ segel pada pipa dengan diameter yang bervariasi. Sedang tipe ke tiga adalah katup BOP yang menutup langsung ke lubang sumurnya.
Untuk Horizon Deepwater BOP mengandung ketiga element dari jenis-jenis katup tersebut diatas.

Sumber: www.bp.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar