Senin, 12 Oktober 2009

Inspeksi dan Survey (Technical & Engineering)


Inpeksi dan survey - apakah perbedaan dari kedua kata kerja tersebut, dalam hal ini untuk bidang teknik & engineering, secara general seolah-olah keduanya mempunyai aktivitas yang sama... yaitu memeriksa secara fisik sebuah benda/obyek berdasarkan suatu kriteria keberterimaan atau standard tertentu.

Berdasar kamus oxford: inspeksi adalah - look at closely/examine officially dan survey adalah look carefully and thoroughly/examine and record the area and features of land, so as to construct map, plan or description/a general view, examine or description - an investigation of the opinion or experience of a group of people, based on series of questions.

Sebagai pembanding dari sumber lain dictd_www.dict.org_gcide, Inspection: a formal or official examination/ The act or process of inspecting or looking at carefully;a strict or prying examination; close or careful scrutiny;investigation. --Spenser.[1913 Webster] dan Survey : A particular view; an examination, especially an officialexamination, of all the parts or particulars of a thing,with a design to ascertain the condition, quantity, orquality; as, a survey of the stores of a ship; a survey ofroads and bridges; a survey of buildings.[1913 Webster]3. The operation of finding the contour, dimensions,position, or other particulars of, as any part of theearth's surface, whether land or water; also, a measuredplan and description of any portion of country, or of aroad or line through it.[1913 Webster].

Dari sini bisa dilihat bahwa inspeksi adalah kegiatan yang lebih detil, hati-hati, formal dan lebih specific kepada suatu benda atau alat tertentu. Sedangkan survey lebih kepada examinasi secara umum terhadap suatu structur bangunan, jalan & jembatan, kapal, tanah, dll beserta semua sistem yang ada pada bangunan tersebut.

Secara teknis pun, ada kecenderungan perbedaan pemakaian istilah ini, dimana di dunia minyak dan gas serta industrial service cenderung memakai istilah inspeksi. Sedangkan untuk dunia perkapalan lebih cenderung memakai istilah survey (meskipun pada kenyataannya ship surveyor pun sering melakukan inspeksi terhadap suatu peralatan yg spesifik sebagai langkah lanjutan terhadap temuan dari surveynya).

Disamping kedua istilah metode pemeriksaan tersebut, beberapa peraturan mengembangkan istilah baru untuk mengkombinasikan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan pemerikasaan teknis, a.l - validasi, verifikasi, audit, asessment dan compliace. Dan sering pada akhirnya hasil dari kegiatan-kegatan tersebut dinyatakan dengan diterbitkannya sertifikat (sertifikasi) dan jika ada temuan yang menunjukkan simpangan dari batas keberterimaan maka akan dikeluarkan non confomance, rekomendasi, atau dalam bidang perkapalan lebih dikenal sebagai condition of class (CoC).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar